Jumat, 04 Maret 2016

Angkot, Si "Taksi" Murah di Bengkulu

Akhir tahun 2015 kemaren, ambu, aba, dan aleeya wisata ke Bengkulu. Waktu itu agak degdegser juga berangkatnya, khawatir gak bakal maksimal rekreasinya. Gimana enggak, kebakaran hutan di Sumatra (termasuk di tempat lain) lagi rame-ramenya, lagi heboh-hebohnya. Kabut asapnya kan bisa ganggu jadwal penerbangan, trus bikin polusi udara juga. Bisa-bisa pas nyampe Bengkulu cuma bisa di dalam hotel aja. Kalo ada kabut asap terus dipaksain jalan-jalan, kan kasihan Aleeya-nya. Tapi waktu itu kita mah bismillah aja, positive thinking aja, mau kayak apa nanti ya kita sesuain aja ama kondisi yang kita temuin. Lagian tiket pesawat ama hotel dah dibeli, sayang kalo dicancel... hehehe....

Pas nyampe sana Alhamdulillah kabut asap lagi gak mengarah ke Bengkulu, tapi kita masih bisa rasain dampak kebakaran hutan. Langitnya tuh gak warna biru, kelabu gitu. Kata penduduk Bengkulu yang ambu temuin, katanya dia udah lama gak liat langit (biru) karena ketutup asap. Ya Allah, mudah-mudahan selanjutnya gak pernah ada lagi kebakaran hutan di manapun itu berada. Aamiin...

Berhubung ini pertama kalinya keluarga ambu datang ke Bengkulu, kita putusin wisata kali ini cuma keliling Kota Bengkulu aja, gak merambah ampe ke kabupaten-kabupaten yang ada di sekitar.

Di Kota Bengkulu aja, banyak loh tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari Pantai Panjang, rumah Fatmawati Soekarno, Benteng Fort Marlborough, rumah pengasingan Soekarno, sampai Danau Dendam Tak Sudah. Mungkin masih banyak lagi ya, tapi baru tempat-tempat itu yang sempat keluarga ambu kunjungi. Tempat wisata kuliner di Bengkulu juga banyak, tapi  untuk yang satu ini keluarga ambu belum terlalu banyak merambah. Kita hanya sempat mampir ke Rumah Makan Marola saja di Pantai Berkas. Untuk makan, biar gampang biasanya kita cari tempat makan yang deket aja ama posisi kita lagi di mana. Seketemunya aja. Namanya juga turis minim info. Hihihi.....

Oh ya, Kota Bengkulu itu kata ambu mah gak terlalu luas. Jadi sebenernya tempat-tempat wisatanya bisa didatengin dalam waktu sehari penuh. Kalo mau agak nyante sih dua hari juga cukup. Tapi waktu kemaren, keluarga ambu rada lama di Bengkulu. Jadi santainya tuh santai bingit. Pagi jalan-jalan, siang balik ke hotel, sore berangkat lagi. Kenapa sih gak dilangsungin aja waktu jalan-jalannya? Ya abisnya pas siang tuh Bengkulu panas banget buat keluarga ambu. Gak tega sama Aleeya kalo kudu berpanas ria. Terus, satu hal lagi yang bikin keluarga ambu berhari-hari di Bengkulu adalah pantai. Ya, mumpung lagi ada di kota pinggir pantai, kita manfaatin aja buat main di pantai sepuas-puasnya. Aba-nya Aleeya kan seneng banget ama pantai dan ini juga pengalaman pertama Aleeya ketemu pantai. Jadi, selama di Bengkulu, pantai menjadi tujuan wisata yang didatangi sampai berkali-kali :)
Aba dan Aleeya di Pantai Panjang, Bengkulu. Salah satu destinasi wisata yang dikunjungi keluarga ambu. Lihat langitnya! Kelabu, tertutup kabut asap.
Oke, kali ini ambu gak akan cerita banyak tentang tempat wisata di kota yang julukannya Bumi Rafflesia ini. Next time aja kali yah. Yang mau ambu ceritain sekarang ialah tentang transportasi. Karena Bengkulu adalah tanah seberang, jadi keluarga ambu gak bawa kendaraan pribadi. So, perihal transportasi adalah satu hal yang perlu dipikirin. Berdasarkan pengalaman ambu kemaren, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa dipake di Bengkulu. Mobil rental, taksi, dan angkot.

Untuk mobil rental ambu dapet rekomendasi dari temen, harganya Rp 250rb per enam jam. Itu udah jasa sopir, tapi belum sama bensin. Kalo kurang dari enam jam bisa kok ditawar. Sesuai kesepakatan aja. Tapi ini harga 2015 ya, gak tau deh sekarang. Kontak mobil rental dari temen ambu namanya Pak Suratman, no-nya 081273446862. Nah, pas ke Bengkulu kemarin karena Pak Suratman lagi ada orderan jadi dialihin ke rekannya: Pak Alik, no-nya 081367945927. Menurut ambu, rental mobil ini cocok banget buat yang kepingin jalan-jalan ke berbagai daerah di Provinsi Bengkulu, gak cuma di kotanya aja. Kalo cuma buat keliling Kota Bengkulu sih cukup pake taksi atau angkot aja, kecuali emang niat seharian jalan-jalan atau perginya rombongan.

Untuk taksi, ada taksi yang berargo dan yang gak berargo. Tapi antara keduanya harganya gak jauh beda, serupalah. Kalau dibandingin taksi di Bandung, lebih murah di Bandung sih kata ambu mah. Kalo jarak yang di Bandung kenanya sekitar 30-40ribuan, kalo di Bengkulu kenanya sekitar 50-70ribuan.

Waktu naik taksi yang gak berargo, ambu dikasih kartu nama. Di kartu namanya tertera bisa sewa per jam taksinya. Ambu sempet nanya biayanya berapa, dia bilang 100ribu per jam. Ah mahal kalo dibandingin rental mobil langganan temen ambu, gitu pikir ambu. Harga segitu juga mending pake rental mobil dari hotel. Di Santika rental mobilnya juga sama Rp100ribu per jam. Eh, tapi itu kan belum ditawar ya, siapa tau bisa lebih murah... Tapi  ambu gak lanjut nanya-nanya lagi. Lagian kayaknya kalo mau pakai taksi tuh enaknya buat sekali jalan aja, kalau butuh tinggal telepon. Taksi yang gak berargo ini ambu pesennya lewat hotel, waktu di Amaris. Nah, kalo yang berargo hasil dari browsing. Namanya Taksi Kito.

Nah, sekarang kita bahas angkot. Ini nih yang menarik menurut ambu. Angkot di Bengkulu itu bisa keluar dari trayeknya. Jadi kalo mau melipir keluar dikit dari jalur tu angkot, kita tinggal request aja ke bang sopir. Nanti dia anterin deh kita ke tempat tujuan. Tapi inget yaa..., untuk penumpang yang minta angkot keluar trayek, harus kasih ongkos lebih. Misalnya biasanya per orang bayar ongkos Rp4.000, ya lebihin lah seenggaknya jadi Rp6.000.

Adegan angkot keluar trayek begini udah biasa di Bengkulu, jadi penumpang angkot yang lain mah adem-adem aja, gak protes. Ke para penumpang paling bang sopirnya bilang permisi dulu. "Sebentar ya, belok dulu sedikit ke sini," kira-kira gitulah ngomongnya. Angkot-angkot lain yang jalurnya "dipinjem" juga sama ademnya, gak bakalan sewot ngerasa jalurnya diserobot gitu. Gak kebayang kalo ini kejadian di Bandung, penumpangnya dah ngomel-ngomel kali. Komo kalo di Jakarta mah, bisa-bisa ngamuk meureun itu para penumpang. Hihihi.... Eh, bukan berarti di sana baik dan di sini enggak ya, ataupun sebaliknya. Cuma beda budaya dan beda aturan. Gitu aja
Ilustrasi angkot di Bengkulu. Foto ini bukan jepretan sendiri tapi diambil dari giewahyudi.com. Punten minjem fotonya yaa, soalnya waktu di Bengkulu ambu gak kepikiran ambil foto angkot.
Soal angkot ini, paling asyik nyari angkot kosong. Kalo siang, banyak loh angkot yang kosong. Ni angkot bisa kita request ke mana aja, jauh keluar trayeknya sekalipun bisa. Dah kayak taksi aja, tapi yang pahe. Paket Hemat. Hihihi... Gak salah emang kalo angkot itu disebut dengan istilah "taksi" oleh warga Bengkulu. Pas bener!! Angkot, si taksi murah di Bengkulu...

Beneran murah kok. Yang paling mahal aja waktu dari depan Hotel Santika ke Benteng Marlborough ongkosnya Rp25ribu. Sebenernya sopirnya minta 30ribu sih, tapi kita tawar jadinya ya segitu... hehehe... pengiritan dong ah... Terus, masih dari Hotel Santika tapi ke Danau Dendam Tak Sudah, sopirnya waktu itu mintanya Rp15ribu. Suprise dong. Kan jaraknya gak jauh beda ama ke Marlborough. Jadi, harga "taksi" ala angkot ini harganya ditentukan oleh kemurahan hati sang sopir. Hehehe...
Gak usah gengsi naik angkot. Nih, Walikota Bengkulu Helmi Hasan aja naik angkot. Sumber foto Humas Kota Bengkulu, diambil dari pedomanbengkulu.com.
Buat ambu yang bukan orang Bengkulu n udah pasti gak hapal trayek angkot di sini, konsep angkot kayak gini ngebantu banget. Daripada naik turun angkot, mending "sewa" angkot deh. Sekali naik, langsung sampe ke tempat tujuan.

Cuma, ada cumanya nih. Gak semua jalan dilalui angkot. Cuma jalan-jalan gede aja yang dilewatin angkot. Jadi ada beberapa tempat yang bisa kita datengin pake "taksi" ala angkot, tapi pulangnya kudu pake taksi beneran. Hehehe.... Misalnya kalo ke Rumah Makan Marola di Pantai Berkas, atau Danau Dendam Tak Sudah. Di sana gak ada angkot, penduduk sekitarnya banyak yang pake motor sendiri kalo bepergian. Tapi gimanapun juga, buat yang pengen irit n hemat, para mahasiswa dan backpacker, "taksi" ala angkot ini recommended banget buat kalian. 

Sedikit tips, kalo bisa jangan banyakin jalan-jalan malem. Di sini suka mati lampu pas malem. Kalau dah mati lampu, jalanan sepiiiii banget kecuali yang sekitar jalan raya gede masih rada rame. Oke deh sekian ceritanya... semoga bermanfaat ya....
Pelukan hangat aba buat Aleeya. Di rumah pengasingan Soekarno, Bengkulu. Penutup manis tulisan ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar