Kamis, 19 Mei 2016

Dokter Hampir "Membunuh" Anakku: Pentingnya Mencari "Second Opinion"

Terkenang dua-tiga tahun lalu, ambu waktu itu lagi harap2 cemas. Ambu bertanya2, apa ini saatnya punya momongan. Garis testpack kali ini ada garis samar2 nya. Ada dua garis! Tapi yang bikin ragu kok garis keduanya tipis banget, hampir gak keliatan malah. Munculnya pun setelah beberapa menit. Ambu ulangi lagi tesnya. Besok dan besoknya ambu ulangi lagi. Hasilnya selalu sama. Meragukan sekaligus menimbulkan harapan.

Maklum, sudah lebih dari setahun ambu bareng sama aba, kita berdua belum dikasih rezeki anak. Sebelumnya udah berkali2 testpack tapi hasilnya selalu negatif. Jadinya ya waktu itu ambu ngarep banget. Apalagi bulanan ambu yang biasanya teratur kali ini gk dateng2. Ya, ambu jadi pengen cepet2 ke dokter.

Karena punya askes, ambu ke puskesmas dulu minta rujukan sekaligus tes kehamilan di sana. Di puskesmas ambu ditestpack. Hasilnya tetep garis samar, tapi katanya ambu positif. Seneng dong ambu. Lanjut dari puskesmas, besoknya ambu ke RS pemkot. Cek ke dokter kandungan. 

Ketemu sama ibu dokter, dia baca keluhan ambu yang udah ditulis bidan. Ambu masih inget keluhan ambu waktu itu ada flek sama bibir kering. Abis itu ibu dokter periksa ambu pake usg. Ibu dokternya nanya, "kata siapa kamu hamil?" Trus ambu bilang, ambu udah cek sebelumnya ke puskesmas. Sambil gosok2in alat usg di perut ambu dia bilang kalo ambu tuh gak hamil. Ini yg keliatan di perut ambu cuma sisa kehamilan. Trus dia ketik di layar usg-nya “sisa kehamilan“.
UPDATE. 7 Jan 2019. Ini foto USG Al yang di tengah gambar ada tulisan "sisa kehamilan", padahal janinnya sehat. Foto USG yang diambil tanggal 14/9/2013 ini ketemu pas beres-beres. Nama RS-nya sengaja ambu tutupin.
Bagai petir di siang bolong, ambu udah gk konsen lagi. Lemes. Ibu dokternya nanya, kapan mau kiret? Berhubung itu hari Sabtu, Ambu bilang senin aja. Selepas itu, ambu kebanyakan diem.

Pulang dari RS, ambu masih nge-down. Tapi entah kenapa, ambu kok yakin ya kalo ambu beneran lagi hamil. Ambu pikir, masak flek yang cuma segitu teh keguguran. Trus, Ambu putusin Senin gak balik lagi ke RS. Ambu bakal nunggu dua minggu lagi buat cek lagi ke dokter lain. Duh, itu adalah saat2 yang galau.

Atas saran Etek yang langganan ke dokter Syafrial, ambu ditemenin aba dan etek periksa ke klinik dokter Syafrial dua minggu kemudian. Dan...., alhamdulillah dokter kandungan yg juga praktek di RS Dustira ini bilang ambu lagi hamil 5 minggu. Untuuung... aja ambu gak jadi kiret. Kalo iya, gak bakalan lahir dong Al anak kesayangan ambu aba ini. Anak yang udah ditunggu-tunggu sekian lama.

Begitulah, dokter juga bisa teledor. Harusnya kalo hasil usg ambu belum jelas, dia minta ambu dateng lagi dong buat cek up lagi. Bukannya langsung vonis kalo Al itu sisa kehamilan. Ini kan persoalannya sama nyawa, nyawanya calon manusia.

Sempet sih, atas saran kakaknya ambu, ambu pengen datengin lagi tu ibu dokter pas lagi hamil gede, kata kakak ambu sih biar ibu dokter itu tau kalo dia salah. Kan nanti pas dia periksa ambu dia bakalan baca medical recordnya ambu. Yaa, walaupun nanti dia pura2 gak tau apa2 n diem2 aja ya gapapa, yang penting di dalam hatinya dia tau kalo dia salah.

Kalo ambu sih niatnya pengen ibu dokter jadi sadar supaya lebih teliti dan hati2 waktu ngambil keputusan. Jangan ampe nanti ada janin lain yang jadi korban. Tapi kemudian ambu mengurungkan niat buat datengin ibu dokter karena aba ngelarang. Aba gak sudi katanya ke sana lagi. Hehehe... Aba marah banget sama ibu dokter. Dia bilang dokter itu hampir ngebunuh Al. Duile bahasanya...., ya tapi emang begitu sih kenyataannya.

Moga2 pengalaman ambu ini bisa diambil hikmahnya ya bagi semua. Kalau galau ama keputusan dokter, jangan ragu cari pendapat kedua. Dokter tidak selalu benar, bisa juga teledor. Kan bukan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar